Sabtu, 21 November 2009

YOUTUBE

YOUTUBE

1.Pengertian Youtube

YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer yang didirikan pada Februari 2005oleh tiga orang bekas karyawan PayPal: Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise, pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen.Para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah flv yang dapat diputar di penjelajah webyang memiliki plugin Flash Player.
Pada 9 Oktober 2006 diumumkan bahwa YouTube telah dibeli Google dengan harga US$1,65 miliar. Pada awal April 2008 beberapa ISPIndonesia menutup akses ke beberapa situs web termasuk YouTube karena memuat film Fitna. Awalnya pemblokiran berupa pemblokiran sepenuhnya terhadap seluruh situs web, namun kemudian diubah menjadi pemblokiran terhadap url video saja.
Pasti anda semua tahu apa itu YouTube kan? Ya, YouTube adalah media untuk upload video secara gratis dari file anda dan bisa di share secara online. YouTube sangat cocok bagi kita yang ingin mencari informasi tanpa harus membaca artikel karena kebanyakan YouTube di video-kan dalam bentuk lisan oleh authornya. Saya sendiri tidak gemar membaca tapi sangat menginginkan informasi, dengan YouTube ini sangat membantu mendapatkan apa yang kita cari di internet.

Selain bisa dimanfaatkan untuk mencari info, YouTube juga bisa digunakan sebagai media hiburan dimana kita bisa mengakses berita, musik dan lagu, informasi dunia terbaru, film dan lain-lain.

Karena terlalu bisa di akses dan mengakses terlalu bebas, di beberapa negara seperti cina dan turki, oleh pihak berkuasa, facilitas YouTube tidak bisa diakses. Upload bebas video dengan YouTube kadang bisa menimbulkan akibat fatal ketika kita lupa upload atau tidak sengaja terupload. Kemungkinan lain dari kebijakan tersebut diantaranya mengenai sara. Itulah sebabnya di bebarapa negara sangat ketat memberlakukan aturan penggunaan YouTube.

Tidak berbeda denga fungsi search engine, pencarian di YouTube akan muncul list sejumlah video YouTube sesuai keyword yang di pakai dalam pencarian tersebut. Dari hasil pencarian akan muncul top rated, most viewed dan most recent di halaman muka YouTube dan juga jumlah video yang berhubungan dengan kata kunci pencarian tadi.

YouTube merupakan upaya promosi yang sangat efektif untuk mengiklankan produk anda secara gratis. Produk yang dimaksud di sini bisa berupa barang elektronik, pakaian, makanan dan minuman, bisnis anda dan lain sebagainya. Bahkan blog juga bisa di promosikan melaui YouTube ini, sertakan link di YouTube untuk me-direct pengunjung ke blog atau website anda.

2.PEMBLOKIRAN YOUTUBE DI BEBERAPA NEGARA

Youtube merupakan situs ketiga yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna internet di dunia setelah Yahoo dan Google (ketiak tulisan ini dibuat). Untuk melihat 500 situs yang sering dikunjungi pengguna internet di seluruh dunia.

Youtube telah disensor beberapa kali di beberapa negara karena berbagai alasan.

NEGARA-NEGARA YANG PERNAH MEMBLOKIR YOUTUBE

• Arab Saudi Youtube dapat diakses di Arab Saudi, tetapi halaman untuk mengkonfirmasi tanggal kelahiran pengguna diblokir, mencegah para pengguna internet di Arab Saudi melihat halaman yang dinyatakan untuk dewasa di YouTube.

• Armenia Karena Armenia menyatakan keadaan darurat sebagai hasil dari protes pemilihan presiden Armenia 2008, YouTube telah diblokir di Armenia sejak 2 maret 2008. Dibawah keadaan darurat, tidak ada media yang diperbolehkan menyiarkan berita kecuali media nasional.

• Brazil YouTube dituntut oleh model Brazil dan VJ MTV, Daniela Cicarelli (lebih terkenal sebagai bekas tunangan Ronaldo) bahwa situs ini menyediakan video yang dibuat oleh paparazzi. Video itu menampilkan dia bersama pacarnya melakukan hubungan seksual di sebuah pantai di Spanyol. Tuntutannya meminta agar semua video itu dihapus, jika tidak, Youtube akan diblokir di Brazil. Perintah legal memerintahkan agar penyaring diletakkan untuk mencegah pengguna internet di Brazil untuk mengakses situs itu.

• Iran Pada 3 desember 2006, Iran memblokir YouTube bersama dengan beberapa situs lainnya setelah menyebut "amoral". Pelarangan Youtube dilakukan setelah video mengenai bintang sinetron Iran dimasukkan ke YouTube. Beberapa sumber mengklaim bahwa pemblokiran ini disebabkan oleh film yang mengagungkan MKO (Grup perlawanan Iran utama melawan rezim Islam fundamentalis).

• Maroko Pada 25 mei 2007, Maroc Telecom (perusahaan milik negara Maroko) meblokir semua akses ke YouTube. Tidak ada alasan yang diberikan mengapa YouTube diblokir, tetapi terdapat spekulasi bahwa hal itu memiliki hubungan dengan grup separatis Polisario atau terdapat video yang mengkritik raja Mohammed VI. Youtube dapat diakses kembali pada 30 mei 2007.

• Republik Rakyat Cina Sebagai bagian dari program penyensoran Golden Shield, Youtube diblokir di Republik Rakyat Cina sejak 15 oktober 2007.

• Suriah YouTube kini diblokir di Suriah.

• Thailand Pada 8 maret 2007, Youtube diblokir di Thailand. Banyak pengguna internet di Thailand mempercayai alasan pemblokiran adalah video pidato, Thaksin Shinawatra, mantan Perdana Menteri Thailand di CNN. Pemerintah Thailand tidak mengkonfirmasi alasan pemblokiran, tetapi YouTube dapat diakses kembali pada 10 maret 2007. Pada malam 3 april 2007, YouTube kembali diblokir di Thailand. Pemblokiran ini disebabkan karena adanya video yang menghina Raja Bhumibol Adulyadej. Youtube kembali dibuka pada 30 agustus 2007, setelah YouTube setuju untuk menghapus video yang menghina Raja Thailand itu.
Pada 21 september 2007, Thailand mengumumkan mereka meminta perintah pengadilan untuk memblokir video yang muncul di YouTube menuduh Prem Tinsulanonda mencoba memanipulasi tahta kerajaan untuk menjadikannya Raja Thailand.
• Turki YouTube diblokir di Turki pada 6 maret 2007 sampai 9 maret 2007.YouTube kembali diblokir pada 18 januari 2008 dan kembali dibuka pada 27 maret 2008.

• Uni Emirat Arab YouTube diblokir di Uni Emirat Arab. Situs ini dapat diakses, tetapi pengguna internet di Uni Emirat Arab tidak dapat mengakses halaman pengguna.

• Pakistan YouTube diblokir di Pakistan dan pemblokirannya dibuka pada 26 februari 2006.

• Indonesia Pada 1 april 2008, Menteri Informasi Indonesia, Muhammad Nuh, menulis surat kepada YouTube untuk menghapus sebuah film Belanda, Fitna, yang dibuat oleh politisi sayap kanan Belanda, Geert Wilders. Pemerintah Indonesia memberikan waktu dua hari kepada YouTube untuk menghapus video itu atau YouTube akan diblokir di Indonesia. Pada 4 april 2008, Muhammad Nuh meminta semua ISP Indonesia untuk meblokir akses ke YouTube. Pada 5 april 2008, YouTube diblokir sebagai sebuah percobaan oleh sebuah ISP. Akhirnya pada 8 april 2008, YouTube bersama dengan MySpace, Metacafe, Rapidshare, Multiply, Liveleak, dan situs resmi Fitna diblokir di Indonesia. Pemblokiran YouTube dan situs lainnya akhirnya dibuka pada 10 april 2008.

3.CARA MEMBUAT ACCOUNT DI YOUTUBE :

1. Kunjungi website resmi YouTube, youtube.com atau klik link dibawah untuk langsung masuk ke situs YouTube.situs resmi YouTube
2. Klik Sign Up, di pojok kanan atas halaman tersebut !
3. Isi data anda dan masukkan verifikasi kata dengan benar !
4. Klik Create My Account !

5. YouTube akan mengirimkan konfirmasi pendaftaran ke e-mail anda.
6. Anda telah terdaftar sebagai member YouTube, anda dapat men-download video atau anda dapat meng-upload video kreasi anda sendiri ke YouTube.

4.Dampak Sosial YOUTUBE.

Sebelum peluncuran YouTube pada tahun 2005,ada beberapa metode yang tersedia bagi pengguna computer biasa yang ingin posting video online.YouTube memungkinkan bagi siapa saja dengan koneksi internet untuk memposting sebuah video yang ada diseluruh dunia.Beragam topic yang dibahas oleh youtube telah berubah menjadi video sharing yang sudah menjadi budaya internet.Selain itu banyak YouTube mendapat kritikan diantaranya:
1. You Tube gagal memastikan sebuah video layak atau tidaknya dipublikasikan.
2.YouTube gagal memastikan bahwa video yang akan dipublikasikan menghormati hokum hak cipta.
3. YouTube tidak memeriksa setiap video sebelum beralih untuk online.

5.Format video di You Tube

Pemutaran teknologi video YouTube bagi pengguna web didasarkan pada adobe flash player.Hal ini memungkinkan situs untuk menampilkan video dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan pemutaran video di windows media player,quick time,ℜ player,yang umumnya meminta user untuk mendownload &menginstal web browser plug in untuk melihat konten video.Video diupload oleh pemegang rekening standar dibatasi hingga 10 menit&ukuran file minimal 2GB.


Salah fitur Utama fitur utama YouTube adalah kemampuan pengguna untuk melihat video pada halaman web diluar situs.Setiap video YouTube disertai dengan sepotong html yang dapat digunakan untuk menampilkan pada halaman diluar situ youtube.Funsinya untuk meletakkan video YouTube di jaringan social & blog.

6.Peranan Youtube Bagi Teknologi Komunikasi .

YouTube merupakan peringkat ke-3 yang paling banyak dikunjungi situsnya seteleh google dan mozila.Video-video yang ada di YouTube dapat dikomentari langsung dari YouTube itu sendiri dengan demikian kita dapat dengan mudah memberikan penilaian kepada video tersebut.Kita pun dapat berkomunikasi dengan pengkritik yang lain yang ada di lain dunia dengan demikian jarak tidak berpengaruh & dapat bertukar pendapat dan pemikiran mengenai video tersebut.

7.Peranan YouTube Bagi Teknologi Informasi.
YouTube menampilkan video-video yang up 2 date sehingga para pengguna you tube tidak perlu khawatir untuk mengunjungi situs YouTube.YouTube menginformasikan dan menampilkan video yang dapat diakses dengan mudah melalui situs YouTube itu sendiri.Untuk mengakses video yang ingin dilihat kita hanya cukup mengimput video apa yang akan dilihat lalu klik search untuk mencari.Dan akan banyak informasi yang didapatkan melalui video tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar